5 Bangunan Angker Kandang Setan di Jogja, Rumah Tak Kasat Mata Hingga Pocong Sumi (Bagian 1)

Destinasi wisata horor di Jogja nih, gaes~

Yogyakarta adalah salah satu dari sekian banyak daerah di Indonesia yang tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, namun juga menyimpan jutaan cerita mistis di belakangnya.


Banyaknya bangunan tua di Yogyakarta membuatnya semakin ramah dengan segala hal berbau mistis. Meski tidak semua tempat menyeramkan, ada beberapa lokasi yang dipercaya jadi kandang bangsa jin.


Sebenernya sih hal-hal kaya gini udah banya dibahas ya di kanal-kanal berita online yang gede. Mereka pasti kebanyakan nulis bangunan-bangunan tua macem benteng Vredeburg, rumah kentang kota baru atau Ambarukmo Plaza alias Amplaz.


Nah, wis genah boseni nek kuwi-kuwi wae. Nggak Hororpedia namanya kalo nggak ngulik lebih dalam tentang tempat-tempat horor yang ada di Jogja, yang mungkin luput dari perhatian media besar.


Atau paling nggak, luput dari para pemburu hantu yang bikin channel di Youtube. Berikut 5 tempat horor versi Hororpedia.


1. Rumah Keluarga Tak Kasat Mata

Tentu bagi anda yang akrab dengan thread Kaskus, atau Chirpstory, atau bahkan thread di Twitter, tentu masih segar di ingatan anda tentang sebuah thread berjudul "Keluarga Tak Kasat Mata".


Berawal dari sebuah thread di Kaskus, cerita Genta ini kemudian banyak ditulis ulang di berbagai platform, hingga Twitter.


Cerita ini dikisahkan Genta saat menjadi pegawai untuk sebuah kantor agensi digital di daerah Yogyakarta.


Beragam peristiwa misterius dan mengerikan terjadi padanya bahkan temannya. Tergelitik dengan perasaan ingin membagikan cerita tersebut, Genta mulai menulis kisahnya melalui Kaskus sejak 2016 lalu.


Keseluruhan terdapat 13 episode yang dibuat oleh Genta dalam threadnya. Beberapa di antaranya selalu diunggah pada tengah malam Jumat. Sampai episode 10 Genta selalu mengunggahnya secara berkala.


Namun, menjelang tiga episode terakhir, Genta mulai tidak teratur mengunggah ceritanya tersebut.


Usut punya usut, Genta merasa ada yang mengganggunya saat ia menulis. Melalui sebuah media, ia mengakui, pada situasi tertentu dia tak sanggup menuliskan cerita horornya lantaran kelewat ketakutan dengan pengalamannya sendiri.


Rumah dalam thread "Keluarga Tak Kasat Mata" yang diceritakan Genta ini berlokasi di Yogyakarta. Rumah ini disebut-sebut sebagai rumah paling angker di Jawa mengingat banyaknya mahluk gaib yang menghuninya.


2. Rumah Pocong Sumi, Kotagede

Rumah Pocong Sumi konon dihuni oleh sosok pocong perempuang bernama Sumi. Rumah ini merupakan rumah tua dengan gaya arsitektur Belanda yang berlokasi di Kotagede, tepatnya di Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.


Keberadaan Rumah Pocong Sumi telah berkembang menjadi urban legend yang sangat terkenal di Yogyakarta.


Konon, menurut sejumlah sumber yang "mengaku" melihat hal gaib, sosok hantu Pocong Sumi sebenarnya bukanlah penghuni asli dari rumah ini.


Penghuni rumah ini dahulunya adalah seorang pedagang berlian asal Belanda yang mati karena dibunuh secara keji.


Pembunuhan dilakukan saat kondisi sang perempuan sedang hamil di kamar tidurnya. Hingga kini ruang kamar tidur yang menjadi tempat kejadian tersebut ditutup, tidak boleh dimasuki oleh siapapun.


Sosok Pocong Sumi mendiami rumah ini setelah kosong selama kurang lebih 40 tahun. Sosok ini bukanlah sosok jahat, Pocong Sumi yang berwajah jelita ini biasanya hanya akan mengganggu orang-orang yang bermaksud buruk.


Warga sekitar seringkali mendapati penampakan Pocong Sumi duduk di teras rumah setiap malam, di atas Pukul 22.00 WIB.


Bersambung...

Photo by Jati Kumoro via Kompasiana