Fakta Seputar Pesugihan Babi Ngepet, Nomor 4 Bikin Kamu Ketagihan!

Yang penting cuan lah ya~ Golek duit sebanyak-banyaknya sudah jadi gaya hidup, nek ora gaya hidup yo tuntutan hidup. Urip butuh duit jancok, meski duit gak bisa buat membeli segalanya, banyak duit iso gawe kita bahagia, termasuk aku, kon kabeh iku. Duit yang begitu menggoda membuat menungso lupa diri, kadang jadi auto biadab...

Nek jare simbah-simbah biyen, pengen sugih, pengen mulyo yo makaryo. Pengen akeh duit? Yo kerjo. Tapi kadang ada nih jenis-jenis manusia yang maunya cuma cepet sugih, tapi males usaha.

Nah, sing hobine mung rebahan tapi pengen sugeh, akeh duit men isok napuk lambene tonggomu sing gawene mung ngrasani kebiasaan rebahanmu, ati-ati lur. Ati-ati ki maksudku ojok ngasi salah dalan mung goro-goro pengen isok disawang sugeh.

Amit-amit jabang boneng lur, masio jaman wes maju, sek akeh orang-orang sing nggolek cara men sugeh lewat pesugihan. Pesugihan sih sebenernya macem-macem, salah satu pesugihan yang pwaling umum dan paling banyak dijadiin FTV adalah babi ngepet. Ngepet-e ora tai ning ngepet duit. Wenak to?

Ngomong-ngomong tentang babi ngepet nih, pasti ada beberapa dari kalian yang punya pertanyaan tentang seluk beluk babi ngepet. Nah Hororpedia hadir membantu menjawab rasa penasaran kalian. Berikut fakta-fakta babi ngepet yang mungkin belum kamu ketahui.
Harap diperhatikan, Tim Riset Hororpedia hanya memaparkan. Kalo kalian ada yang sampai terjerumus, jangan nyalahin kita..

1. Pra-Syarat

Sebagaimana banyak pesugihan lain, babi ngepet juga memiliki pra-syarat agar ritual ini bisa dijalankan si pelaku pesugihan.

Asian Folklore Studies terbitan Asian Folklore Institute memaparkan, pesugihan babi ngepet ini konon berasal dari Gunung Kawi. Gunung yang terletak di Malang, Jawa Timur ini dikenal sebagai tempat untuk bertemu dengan siluman babi dan melakukan perjanjian terlebih dahulu sebelum bisa menjadi babi ngepet.

Agar lulus dan bisa ngepet, si calon babi harus menyerahkan tumbal terlebih dahulu, biasanya yang ditumbalkan adalah anak atau keluarga yang paling disayangi. Setelah itu, si pelaku ritual harus memakan kotoran dari siluman babi agar bisa mengubah diri menjadi babi.

Kuncen tempat pesugihan akan memberikan sebuah jubah kain berwarna hitam kepada si pelaku. Dan semua siap, si pelaku siap gesek, ketahuan kemudian digebuki kaya di pilem-pilem.

2. Kenapa babi ngepet berwarna hitam?

Tidak bermaksud rasis, kalian yang suka nonton FTV hidayah, hikmah, atau sinetron tahun 2000-an dulu yang tayang siang-siang pasti sering liat tentang kisah pesugihan. Di FTV-FTV tersebut, pesugihan babi ngepet seringkali diidentikan dengan manusia, memakai jubah hitam lantas auto jadi babi yang warnanya hitam.

Kenapa selalu hitam? Kenapa jubahnya gak milih yang warna putih, polkadot atau pink? Biar unyuk?
Usut punya usut, konon, hal ini masih berhubungan dengan si empu pemberi kemampuan babi ngepet kepada sang pelaku. Si empu, sebut saja siluman babi, memiliki ciri bulu berwarna hitam lebat menyerupai genderuwo.

Atas dasar inilah yang kemudian menyebabkan pelaku pesugihan babi ngepet harus menyerupai makhluk yang dia mintai pertolongan. Dalam hal ini, siluman babi. Selain harus menyerupai, pelaku babi ngepet juga harus mau tunduk kepada siluman babi. Hilih, kurang inovasi banget ya.

3. Apakah Harus Selalu Menggunakan Jubah?

Seperti yang tadi sudah disebutkan, kerap kali seorang pelaku pesugihan babi ngepet digambarkan harus menggunakan jubah hitam dulu sebelum berubah menjadi babi.

Tapi apakah harus begitu? Menurut salah satu kawan saya yang mendalami ilmu perklenikan, seorang pelaku memang diberi syarat untuk menyerupakan dirinya sebagai seekor siluman babi. Hal tersebut sebagai bukti bahwa mereka menyembah siluman babi.

Konon, tanpa menggunakan jubah-pun mereka tetap bisa henshin menjadi babi ngepet, tapi energi gaib yang ditransferkan tidak bisa memenuhi target, sehingga bisa jadi wujud babi ngepetnya gak sempurna. Bisa jadi badannya babi kepalanya manusia.

4. Gesek-gesek

Salah satu agenda babi ngepet yang harus dilaksanakan adalah gesek-gesek asyique. Ya, untuk mengambil uang yang ada di dalam rumah korban, pelaku babi ngepet cukup menggesek-gesekkan badannya ke tembok rumah si korban.

Dengan kekuatan gaib, uang di dalam rumah akan tersimpan pada jubah hitam yang ia kenakan. Tapi apakah benar begitu?

Usut punya usut, ternyata tidak semudah itu lho. Selain faktor internal seperti penjaga lilin, lilin sebagai sinyal bahaya si pelaku babi ngepet dan nyala api lilin dalam baskom yang harus menyala. Ada pula faktor eksternal yang harus dilalui babi ngepet di lapangan.

Konon lagi nih, babi ngepet harus menggesekkan badannya di tempat penyimpanan uang, contoh lemari. Jadi gak Cuma langsung nggesek asoy di tembok rumah aja rek.

Hal ini juga harus disertai imajinasi si pelaku babi ngepet yang brilian, karena tanpa imajinasi dia gak bisa membayangkan lokasi duitnya. Jadi, buat kalian yang minim imajinasi, gak usah coba-coba jadi babi! Apalagi ngepet!
Iklan