8 Rekomendasi Anime Horor Untuk Wibu Bau Bawang (Bagian 1)

Para wibu garis horor harus baca ini~

Bagi sebagian orang, anime tidak hanya sekedar tontonan. Bagi kalangan wibu atau otaku, anime adalah sebuah kepercayaan. Genre yang disukai-pun bermacam-macam, harem, comedy, romance, seinen, shojo ai, yuri, thriller, horor, dan bwanyak yang lain. Gak perlu disebutin semua di sini, nanti jari-jari saya keriting.


Salah satu genre yang selalu mendapatkan tempat di hati amime addict adalah horor. Genre yang satu ini memang sering menyuguhkan anime dengan alur cerita bagus, lengkap dengan karakter "tidak biasa".


Anime bergenre horor juga tak jarang menampilkan adegan-adegan "bar-bar" hingga mematikan salah satu tokoh kunci. Epic!


Kalau di manga, tentu udah banyak rekomendasi mangaka-mangaka masterclass yang karyanya bener-bener icikiwir, kayak Junji Ito-sensei, Usamaru Furaya, Suehiro Maruyo, dan banyak mangaka yang lain.


Anime horor emang yahud kalo digarap dengan grafis dengan alur cerita yang manthul. Pokok e intine genre ini adalah salah satu genre anime yang rugi kalo dilewatkan. Bahkan untuk kalian yang bukan pecinta genre horor, patut kalian coba anime horor, karena emang beda sama film horor.


Hanya saja, memilih anime horor terbaik memang cukup sulit, alasannya jelas, meski dilabeli "horor" belum tentu anime-anime tersebut punya kualitas yang mantul. Tanpa mengurangi hormat rumah produksi anime-anime horor yang kualitasnya nanggung. Berikut rekomendasi anime horor dari Hororpedia!


1. Yami Shibai

Kalau kalian penyuka kisah-kisah urban legend Jepang, kalian akan cocok dengan anime yang satu ini.


Di anime yang disutradarai Tomoya Takashima ini, tidak terdapat plot yang jelas. Dalam setiap episodenya memiliki kisah horor yang berbeda, dengan pengaturan dan karakter yang berbeda, yang justru semakin membuat anime ini benar-benar menarik.


Siapa pun yang menonton serial ini mungkin akan mengingat episode-episode yang hanya didasarkan pada atmosfer dan adegan-adegan menyeramkan dalam setiap ceritanya.


Anime yang tayang perdana tanggal 14 Juli 2013 ini sudah memiliki tujuh season hingga saat ini.


2. Serial Experiments

Anime yang satu ini bisa dibilang cukup lawas, karena tayang pertama kali bulan Juli tahun 1998. Meskipun lawas, alur cerita yang ditampilkan dalam anime ini "beda" dibandingkan dengan anime-anime bergenre sama yang lain.


Disutradarai oleh Ryutaro Nakamura, ditulis oleh Chiaki J. Konaka, dengan desain karakter Yoshitoshi Abe, dan diproduksi oleh Triangle Staff, karya ini adalah upaya berani untuk menyatukan berbagai konsep (yang sebenarnya bersebarangan) dalam satu film.


Hanya dalam tiga belas episode yang berdurasi 20 menit, kisah Lain Iwakura, sang protagonis muda, akan terurai dalam sebuah perjalanan kompleks yang terjadi di dunia modern yang menampilkan kemajuan teknologi yang begitu memanjakan, membuat candu, dan "sebuah masa depan", serupa dengan apa yang kita jalani saat ini.


Horor yang ditampilkan dalam anime ini seakan membaca masa depan, masa yang saat ini kita jalani sehari-hari yang sudah menjadi bagian dari realitas kita. Kalian yang sudah menonton anime ini pasti pernah merasa ter-trigger.

3. Corpse Party

Kalau dibandingkan dengan dua anime sebelumnya, Corpse Party bisa dibilang "horor yang beda", karena horor yang ditampilkan adalah tipe gore. Apa itu gore? Film yang banyak menayangkan adegan-adegan bunuh-bunuhan dengan gamblang, seperti tangan tercabut, kepala putus, titit tertarik dan bahkan tubuh manusia yang hancur berdarah-darah ditampilkan dengan jelas tanpa sensor!


Serial anime yang rilis 24 Juli tahun 2013 lalu ini disutradarai oleh Akira Iwanaga dan ditulis oleh Shoichi Sato, dengan pengerjaan animasi oleh studio Asread. Desain karakter didesain oleh Seiki Tanaka.


Corpse Party menceritakan sebuah kasus pembunuhan berantai yang terjadi di SD Tenjin. Setelah kejadian tersebut, tanpa kejelasan kelanjutan kasus sekolah ditutup kemudian digusur.


Setelah beberapa tahun berlalu, di tempat yang sama diadaakan proyek untuk membuat sebuah sekolah baru yang dinamai Akademi Kisaragi. Di suatu malam, sekelompok siswa-siswi iseng melakukan permainan sachiko di gedung sekolah. Tiba-tiba bangunan bergetar dan... Nonton aja deh, ntar kebanyakan spoiler, wehehehe.


4. Another

Saat pertama kali saya nonton anime ini, bau-baunya mau masuk horor-romantic. Dan ternyata dugaan saya salah besar setelah ada adegan salah satu tokoh yang matanya tertusuk ujung payung hingga menembus tulang tengkorak belakangnya. Wow, langsung aja saya cocok, dan nice, ceritanya emang bener-bener sulit ditebak.


Another menceritakan sebuah kutukan yang ada di SMP Yomiyama sejak 26 tahun lalu, semenjak salah satu siswinya mati dengan cara yang tidak lazim. Anime ini diangkat dari novel karya Yukito Ayatsuji engan judul yang sama yang dipublikasi tahun 2009 lalu. Diproduksi oleh P.A.Works dan disutradarai oleh Tsutomu Mizushima, anime ini mengudara dengan dua belas episode dari 10 Januari hingga 27 Maret 2012.


Itu dulu deh, selain anime di atas, tentu masih banyak anime lain yang cerita horornya tak kalah seru. Nantikan di Anime Horor Rekomendasi kami selanjutnya!


Artikel selanjutnya, 8 Rekomendasi Anime Horor Untuk Wibu Bau Tanah (Bagian 2-Habis)

Ilustrasi [Yudi Sutanto]